Nov 22, 2011

BERISIK - Edisi Musisi Dunia Yang Mati Tragis


1. Aaliyah (22 tahun, meninggal pada Agustus 2001)

Rock The Boat
"Rock the Boat" adalah salah satu single di album ketigadan terakhir Aaliyah yang bertajuk “Aaliyah” di tahun 2001. Single ini dinominasikan dalam kategori Best Female R&B Vocal Performance di 44th Annual Grammy Awards. Single ini juga merupakan single terakhir yang dirilis selama Aaliyah hidup.

Sabtu, 25 Agustus 2001 , dunia musik dan perfilman kehilangan seorang bintang terangnya, Aaliyah (22 tahun). Maut merenggut nyawa Aaliyah dan kedelapan video crew saat pesawat kecil Cessna , yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan saat take off (sejauh 200 kaki) dan langsung meledak.

Tragedi ini terjadi saat pesawat yang ditumpangi Aaliyah take off dari Bahama menuju US , selesai proyek video klip “Rock The Boat” yang Aaliyah kerjakan bersama para video crew di pulau Abaco (170 mil dari South Florida). Selepas take off,  pesawat kemudian oleng, menabrak jalan, dan akhirnya meledak. Selain Aaliyah, tujuh penumpang lainnya juga tewas  di lokasi dan sembilan lainnya meninggal belakangan di Rumah Sakit Nassau. Belakangan diketahui, pesawat itu melebihi kapasitas sementara pilotnya sendiri, Luis Morales, pernah ditahan akibat penyalahgunaan kokain dan alkohol.

Wanita yang namanya mulai menanjak seiring dengan perannya di Romeo Must Die plus alunan suaranya penghantar soundtrack RMD (Try Again) ini baru saja merilis album ketiganya bertajuk Aaliyah di tahun yang sama.

Di luar proyek bermusiknya, Aaliyah pun sudah menekan kontrak untuk bergabung dalam proyek 2 film, Sekuel The Matrix dan Queen of the Damned Dan semua itu kini tinggallah cerita.

2. Freedi Mercury (45 tahun, meninggal November 1991)

Love of my life
"Love of My Life" merupakan lagu ballad yang dinyanyikan oleh band rock legendaris asal Inggris Queen di album mereka di tahun 1975 A Night at the Opera. Single ini ditulis oleh sang vokalis Freddie Mercury, untuk Mary Austin di awal tahun 1970.

 Freddy Mercury merupakan salah satu anggota dari grup musik legendaris Queen,  Grup musik yang beranggotakan Freddie Mercury, Brian May, John Deacon dan Roger Taylor, pernah dinobati oleh majalah Rolling Stone, sebagai satu-satunya grup musik rock yang seluruh anggotanya bergelar Sarjana meskipun tidak pernah penghargaan resmi untuk itu.

Mercury lahir pada 5 September 1946, di Stone Town, Zanzibar (Sekarang termasuk wilayah Tanzania, Afrika Timur). Nama aslinya ialah Farrokh Bulsara.  Dalam dunia musik internasional, nama Freddie Mercury adalah salah satu Legenda musik Rock. Karya-karyanya termasuk musik abadi yang dapat didengar segala usia. Menurut May, Mercury musisi yang berbakat sekaligus eksentrik. Freddie menulis lagu dengan kunci-kunci yang aneh. Kebanyakan band rock memainkan kunci A atau E, dan bisa D atau G, lain dengan musik Freddie yang mempunyai struktur chord yang aneh dan susah dimainkan dengan gitar.

Banyak grup Rock modern yang menganggapnya sebagai panutan, seperti Guns N' Roses, Metallica hingga XPDC.

Video clip terakhir nya adalah these are the days of our lives th 1991. 4 bulan sebelum freddie meninggal, dia semakin kurus dan terlihat sakit, tetapi tetap tidak ada yg tau.

Menurut pengakuan Jim Hutton, teman mercury, sebenarnya Mercury sudah didiagnosa HIV-AIDS sejak tahun 1987, tapi Mercury menganulir test’nya negatif. Sehari sebelum dia meninggal, dia baru mengumumkan bahwa terinfeksi HIV and AIDs. Di esok harinya, 24 nov 1991, freddie mercury menghembuskan nafas terakhir dan dikremasi

3. Amy Winehouse (27 tahun, meninggal Juli 2011)

Rehab
Single ini dirilis 23 Oktober 2006 menjadi single pertama dari album studionya Back to Black. Liriknya menceritakan pengalaman pribadi Amy yang menolak untuk dimasukan ke klinik rehabilitasi. Single ini meraih peringkat ke7 pada UK Singles Chart di Inggris, dan ke9 pada Billboard di Amerika Serikat

Siapa yang nggak kenal penyanyi berbakat yang satu ini? Amy Winehouse. Namanya dan segala hal yang berhubungan dengannya masih selalu jadi perbincangan hangat. Dari mulai ketergantungan

Amy meninggal di usia ke 27 di tanggal 23 Juli 2011 akibat keracunan alkohol. Namun, banyak yang masih ingin mencari tahu lebih dalam tentang kehidupan Amy.

Berita kepergian Amy Winehouse bulan Juli lalu memang membuat permintaan album-albumnya meningkat. Dalam waktu singkat, album Back To Black yang dirilis pada tahun 2006 itu menjadi album yang paling banyak dibeli. Sekarang, album itu berada di urutan pertama album paling laris di abad 21.

Kematiannya yang dinilai tragis membuat salah satu pihak film berniat menjadikan kisah hidupnya dalam sebuah film. Hingga saat ini, ada beberapa rumah produksi Hollywood berusaha membeli hak cipta pembuatan film tentang Amy.

Baru-baru ini, Amy diabadikan dengan sebuah patung perunggu. Yang membuat patung ini adalah Daniel Edwards. Patung ini diwujudkannya sebagai jawaban dari banyaknya permintaan dari fans Cory Allen Contemporary Art di Facebook. Patung ini diberi nama Memorial Portrait for Amy Winehouse

4. Michael Jackson (50 tahun, meninggal Juni 2009)

Black or white
Black or White" adalah single pertama dari album kedelapan Jacko bertajuk Dangerous, dan dirilis tahun 1991. Single ini merupakan salah satu single Hits dari King Of POP, Michael Jackson yang menempati posisi jawara di hampir seluruh chart dunia.

 Michael Joseph Jackson, Ia terkenal sebagai "King Of Pop" dan memopulerkan gerakan dansa "Moonwalk" yang telah menjadi ciri khasnya. Albumnya yang dirilis pada tahun 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia. Ia mulai karier bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal The Jackson 5

Michael Jackson merencanakan untuk menggelar konser terakhirnya diO2 ArenaLondon, Jackson menamai konser ini dengan nama This Is It Michael Jackson. Konser in rencananya akan dilaksanakan tanggal 25 Juli 2009

Tepat sebulan sebelum konser, yaitu pada 25 Juni 2009, Jackson ambruk di mansion sewaannya di Holmby Hills, Los Angeles. Bantuan pernafasan yang dilakukan oleh dokter pribadinya tidak berhasil. Petugas 911 LA mendapat panggilan telepon pada pukul 12.22 siang, dan tiba di lokasi dalam waktu tiga menit ke tempat kejadian. Petugas melaporkan Jacko sudah tidak bernafas dan melakukan CPR. Akhirnya penyanyi kondang ini dibawa ke Ronald Reagan UCLA Medical Center, dan dirawat selama satu jam dari saat dia sampai. Jackson dinyatakan meninggal pada pukul 2.26 sore. Sebab kematian penyanyi ini dinyatakan sebagai over dosis obat penahan rasa sakit.

Dan baru2 ini, dokter pribadi Jacko, Dr. Conrad Murray akhirnya dinyatakan bersalah atas kematian Michael Jackson pada 2009 lalu. Murray terbukti bersalah atas kematian Jacko dari overdosis obat bius propofol. Ia pun harus menghadapi hukuman hingga empat tahun penjara, dan hilangnya lisensi medis. 

 5. John Denver (53 tahun, meninggal Okt 97)

"Leaving on a Jet Plane" merupakan single yang ditulis oleh John denver di tahun 1966. Judul aslinya "Oh Babe I Hate to Go" tapi kemudian sang produser menyarankan untuk diganti. Banyak musisi yang meng cover single ini, salah satunya oleh Chantal Kreviazuk, yang dijadikan soundrack film Armageddon di tahun 1998.

John Denver dilahirkan sebagai Henry John Deutschendorf Jr. di Roswell, New Mexico. Ayahnya adalah penerbang Angkatan Udara Amerika Serikat. Ia masuk Jurusan Arsitektur Universitas Texas Tech di Lubbock, Texas pada tahun 1961, dan mulai bermain musik di kedai-kedai kopi. Setelah putus kuliah pada tahun 1964, ia pindah ke Los Angeles. Kariernya sebagai penyanyi berawal dari bermain di kelab-kelab musik folk dengan nama panggung John Denver

Album pertama John Denver adalah Rhymes and Reasons yang dirilis tahun 1969. Di dalamnya berisi sebuah lagu ciptaan Denver, "Leaving on a Jet Plane" yang sebelumnya pernah direkam bersama Chad Mitchell Trio. Setelah dinyanyikan kembali oleh Peter, Paul and Mary pada tahun 1967, "Leaving on a Jet Plane" menduduki peringkat pertama tangga lagu Amerika Serikat pada tahun 1969.[1]

Pada tahun 1974, Denver sukses sebagai salah seorang musisi terlaris Amerika Serikat setelah "Sunshine on My Shoulders" dan "Annie's Song" menduduki urutan nomor satu tangga lagu AS dan Britania Raya. John Denver diangkat sebagai Pujangga Resmi negara bagian Colorado pada tahun 1977.

John Denver tewas pada 12 Oktober 1997 setelah pesawat bermesin tunggal yang dikemudikannya jatuh di lepas pantai Pacific Grove, California, tidak lama setelah lepas landas dari Bandar Udara Monterey Peninsula.

6. Kurt Cobain (27 tahun, meninggal April 94)

Smells like teen spirit

"Smells Like Teen Spirit" adalah single yang dinyanyikan oleh band rock asal america Nirvana. Single ini merupakan single pamungkas dari album kedua Nirvana, Nevermind di tahun 1991.

 Kurt Donald Cobain (20 Februari 1967 – 5 April 1994) – penyanyi, penulis lagu dan gitaris dalam band grunge dari Seattle, AS – Nirvana.Dengan sukses band ini, Cobain menjadi selebriti nasional dan internasional, suatu posisi yang disandangnya dengan berat hati.

Pada 1991, melejitnya lagu Cobain yang paling terkenal, Smells Like Teen Spirit, menandai bermulanya perubahan besar dalam musik pop dari jenis musik yang populer di tahun 1980-an seperti glam metal, arena rock, dan dance-pop, kepada grunge dan alternative rock. Selain itu lagu-lagu tulisan Cobain lainnya misalnya About A Girl, Come As You Are, In Bloom, Lithium, Heart-Shaped Box, All Apologies, dan Rape Me. 

Cobain sempat bermasalah dengan drugs, yang membuatnya dimasukkan ke panti rehabilitasi pada tanggal 30 Maret. Pada malam 1 April, Cobain keluar untuk merokok dan kemudian kabur dari panti tersebut dengan memanjat pagar. Ia kemudian pergi ke Seattle dan menghilang. Pada tanggal 3 April, Love(istri Cobain) menghubungi seorang private investigator, Tom Grant, dan menyewanya untuk menemukan Cobain.

Pada tanggal 8 April 1994, jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington. Otopsi kemudian memperkirakan Cobain tewas pada 5 April 1994.

Berita gempar mengenai kematian Kurt Cobain mengejutkan semua pihak terutamanya para fans setianya. Kematiannya yang terjadi pada puncak popularitas dalam dunia musik.

Kematian Kurt Cobain dilaporkan oleh media massa Amerika sebagai suicide. Namun begitu, setahun selepas kematiannya itu timbul berbagai gosip angin tentang kematian Kurt. Salah seorang penyelidik sosial Stewart yang juga seorang pemerhati musik, percaya bahwa Kurt Cobain tidak bunuh diri tetapi dibunuh!

Gosip lain pula mengatakan cerita bunuh diri Kurt hanya sebuah rekayasa. Kurt dikatakan masih hidup dan menikmati kehidupan di luar Amerika. Cerita yang paling bisa dipercaya adalah mengenai Kurt Cobain mati kerana ia menjadi eksperimen CIA.

Kurt Cobain tetap diingat dan memberikan inspirasi kepada para fans setianya, pada 13 Mei 2010 - 6 September 2010, Seattle Art Museum menggelar pameran bertemakan "Kurt" untuk memberikan penghormatan.

7. Selena ( 23 tahun, meninggal maret 1995)

I could falling in love
Merupakan single pertama di album terakhir Selena Dreaming of You yang dirilis di Oktober 1995. Perilisannya sempat akibat meninggalnya selena pada bulan maret di tahun yang sama.

Selena Quintanilla-PĂ©rez (lahir 16 April1971 – meninggal 31 Maret 1995 pada umur 23 tahun. Lebih dikenal dengan nama Selena,  penyanyi dan penulis lagu Mexico-Amerika.

Dia digelari sebagai"Top Latin artist of the '90s" dan  "Best selling Latin artist of the decade" oleh Billboard atas 14 lagu TOP-10 nya di Top Latin Song Chart. Termasuk 7 lagu nomor satu. Yang membuat Selena dijuluki "The Queen of Tejano music” alias “Ratu Musik Tejano” dan disebut2 sebagai penyanyi meksiko yang setara dengan Madonna. Album perdana’nya Selena y Los Dinos, dirilis saat dia berusia 12 tahun.

Selena meninggal di usia muda, saat dia berada di puncak karirnya. Dia ditembak oleh Yolanda Saldivar, yang merupakan pimpinan fans-clubnya pada Maret 1995.

Dua minggu pasca kematiannya, George W Bush yang saat itu menjabat sebagai gubernur Texas, menjadikan tanggal 12 April sebagai “Selena’s day”

Beberapa tahun pasca kematiannya, kisah tragis Selena difilmkan. Tokohnya diperankan oleh Jennifer Lopez yang memperoleh ketenarannya saat berperan sebagai Selena, dan memperoleh penghargaan Grammy di tahun 1997.

Selena Gomez mengakui bahwa “Selena” lah yang menginspirasinya untuk berkarir di dunia musik karena namanya samaan.

Pesona selena gak lekang oleh waktu, di Maret 2011, kantor pos di Amerika Serikat merilis prangko “Latin Legends” untuk penghormatan terhadap Selena. Wow!

8. John lennon (40 tahun, meninggal Des 80)


Imagine :
Lagu ini ditulis dan dinyanyikan oleh musisi asal Inggris John Lenonn. Merupakan single pertama di albumnya “Imagine”  yang dirilis tahun 71. Di tahun 2004, single ini masuk dalam daftar "The 500 Greatest Songs of All Time" di peringkat ketiga oleh majalah Rolling Stone.
Imagine juga menjadi nama film yang dimainkan oleh Lennon dan Yoko Ono di tahun 1977.
Tahun 2010, single ini dicover oleh Seal, P!nk, India.Arie, Jeff Beck, Konono N°1, Oumou Sangare

 
John Lennon adalah seorang musikus rock Inggris yang memperoleh perhatian dunia sebagai salah seorang pendiri The Beatles, untuk karier solonya, dan aktivisme politiknya.

Ia ditembak empat kali (tembakan kelima meleset) oleh Mark David ChapmanThe Dakota, tanggal 8 Desember 1980. di lorong pintu masuk bangunan dimana ia menetap,

Chapman merupakan penggemar The Beatles sejak pertama kali terkenal. Ia mulai belajar gitar dan ingin menjadi musikus. Kemudian pandangannya berubah, dan menganggap The Beatles berpengaruh buruk bagi banyak orang, John Lennon khususnya, karena pandangan Lennon pada agama dan negara.

Kematian John Lennon akibat ditembak sangat mengejutkan. Karena dulu saat Lennon masih di The Beatles, Lennon pernah ditanya apa mungkin dia mati, Lennon menjawab: “ I'll probably be popped off by some loony”. Chapman dijatuhi hukuman 25 tahun penjara pada tahun 1981. Ia dipenjarakan di Attica State Prison sejak tahun 1981.

Pada tahun 1985, seorang aktor bernama Mark Lindsay Chapman kehilangan kesempatan untuk memerankan Lennon di sebuah film TV tentang kehidupannya dengan Yoko Ono, karena namanya mirip dengan pembunuh Lennon.

Tahun 2000, John Lennon Museum dibuka di Saitama Super Arena di Saitama, Saitama, Jepang, dan dua hari kemudian Liverpool mengubah nama bandar udaranya menjadi Bandar Udara John Lennon Liverpool, dan mengambil motto "Above us only sky".

 Tanggal 9 Oktober 2007, yang merupakan ulang tahun Lennon ke-67, Ono memutuskan untuk membuat tugu peringatan bernama Imagine Peace Tower, terletak di pulau Videy, Islandia. Setiap tahun, antara 9 Oktober dan 8 Desember, tugu ini menyalakan sinar lampu lurus ke langit.

 9. Elvis Presley (42 tahun, meninggal pada Agustus 77)

Cant help falling in love
single ini dinyanyikan oleh Elvis Presley di tahun 1961. Single ini tampil di film Blue Hawaii yang dimainkan Elvis di tahun yang sama. Dalam beberapa dekade, single ini dicover oleh banyak musisi, diantaranyaoleh grup reggae asal Inggris UB40 tahun 1993 dan menjawarai chart US dan UK, lalu oleh grup pop asal Swedia A-Teens, lalu oleh boyband asal taiwan F4 dan dijadikan soundtrack film
Lilo and Stitch.

Elvis Aaron Presley yang lahir pada 8 Januari itu adalah seorang penyanyi rock ‘n’ roll legendaris Amerika Serikat. Ia juga adalah seorang produser musik dan aktor. Julukannya adalah “Raja Rock ‘n’ Roll”. Gaya, sifat, serta cara berpakaiannya menjadi simbol bagi musik rock ‘n’ roll dan banyak ditiru penggemarnya.

Karier musiknya yang sempat meredup akibat "diganggu" profesi lainnya sebagai aktor dan juga hilangnya peranan dia dalam memilih jenis lagu yang ia mainkan, kembali bersinar setelah ia mendapatkan kesempatan dalam acara tersebut untuk bermain dalam jalur yang paling ia sukai, rock 'n' roll. Pada tahun berikutnya, ia memulai penampilan live yang laris di berbagai tempat, diawali dari Las Vegas dan kemudian berlanjut ke sepanjang negara. Antara tahun 1969 dan 1977, ia tampil dalam 1.000 acara yang tiketnya terjual habis
Akibat kecanduan obat-obat dokter seperti obat tidur, kesehatannya dan penampilannya mengalami penurunan pada sekitar pertengahan 1970-an. Ia tampil untuk terakhir kalinya dalam sebuah konser di Market Square Arena di Indianapolis, Indiana pada 26 Juni 1977.

Mulanya Elvis dikatakan meninggal akibat serangan  jantung. Namun, beberapa tahun kemudian dinyatakan Elvis Presley meninggal dunia karena sembelit kronis. Hal tersebut telah resmi diklaim. Elvis yang meninggal dunia di toilet pada 1977 setelah publik mengiranya tewas akibat gagal jantung, dikatakan telah menolak operasi yang akan mengatasi masalahnya tersebut, demikian menurut seorang dokter yang dekat dengan Elvis.

Menurut Dr Nichopoulos, Elvis menderita dari kondisi yang turun-temurun yang disebut kelumpuhan usus, dan otopsi usus besarnya mengungkapkan ada diameter sekitar 5 sampai 6 inci, dibandingkan dengan dua sampai tiga inci biasa.

10. Tupac Shakur (25 tahun, meninggal Sep 96)
 
Me againts the world
adalah single dari album ketiga penyanyi hip-hop asal amerika yang dirilis maret 1995.

Ia memiliki nama samaran 2Pac, Makaveli, dan 'Pac. Dalam Guinness Book of World Records ia dikenal sebagai rapper tersukses dunia, karena ia menjual lebih dari 73 juta album di dunia, termasuk 44,5 juta di AS. And making him one of the best-selling music artists in the world. Rolling Stone Magazine named him the 86th Greatest Artist of All Time

 Kebanyakan lagu Shakur ditulis mengenai kekerasan di ghetto, rasisme, masalah sosial, dan kadang pertengkarannya dengan rapper lain.

7 September, 1996 ; Ia ditembak sebanyak 4 empat kali, mengenai tangan, paha, panggul dan dada. Sesaat setelah ia menyaksikan pertandingan tinju antara Mike Tyson dengan Bruce Seldon.  Pada 13 September 1996, enam hari sesudah ditembak, Shakur tewas karena kegagalan pernapasan dan gagal jantung di University Medical Center, Las Vegas.

Sebuah penyelidikan mengenai pembunuhan itu yang di muat dalam harian Los Angeles Times menyimpulkan bahwa pembunuhnya adalah seorang lelaki yang terlihat diserang oleh seorang anggota geng saingan geng Tupac, Anderson kemudian terbunuh oleh tembakan dalam sebuah pembunuhan antar geng, tetapi hingga saat itu Anderson tak pernah dihukum atas penembakan Tupac, mungkin ia dilindungi oleh pejabat tinggi. Jasadnya dikremasikan, beberapa abunya disebarkan di Kota Los Angeles, sebagian lagi diberikan kepada ibunya.
Beberapa rapper juga mengaku sangat terinspirasi oleh Tupac, salah satunya Slim Saddy, alias Eminem.


Masih ada beberapa musisi lain yang meninggal secara tragis sih.. 
Bahkan ada musisi yang masuk daftar keramat "27" (meninggal di  usia 27)
Tunggu edisi selanjutnya yaa ;;)

2 comments:

  1. emangnya gambaran diatas anak bengkel bersama jokowi waktu di singkawang?

    ReplyDelete