Nov 22, 2011

BERISIK - Lagu Tema Olahraga

Pesta olahraga SeaGames udah dimulai sejak 11 November kemarin, dan beberapa waktu yang lalu, pendukung timnas Merah-Putih juga lagi heboh2nya bertanding di kualifikasi piala dunia 2014. Kalo yang namanya pesta olahraga, gak hanya bola, bulu tangkis, tinju dll gak lengkap kalau gak ada single penyemangatnya. Dan banyak banget single bernuansa semangat olahraga yang menyemangati kamu, para pendukung timnas dan atlet Indonesia di ajang nasional dan internasional. Apa aja ya? Cekidot J


Sang Juara – Maia

Siapa sangka lagu Sang Juara ciptaannya sudah menjadi lagu wajib nasional di event olahraga.

Lagu yang berjudul Sang Juara diakui Maia diciptakannya sejak era Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault yang kini posisinya diisi oleh Andi Mallarangeng. Adhyaksa adalah orang yang berjasa membuka jalan agar lagu ciptaan Maia bisa dijadikan theme song acara olahraga di Tanah Air.

Lagu hasil karya Maia ini dirilis 2009, dan sudah dikemas dalam bentuk CD. Tadi malam di acara pembukaan 'The 21 st President's Cup' Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta. Lagu Sang Juara kembali diputar . Kata Maia, lagu ini resmi menjadi theme song acara President's Cup yang akan diikuti 28 negara.

Ayo Semangat – The changcuters

Inilah lagu yang menjadi bonus Listen Up! The Official 2010 FIFA World Cup Album untuk versi yang diedarkan di Indonesia.

Dengan lirik dan musik yang menggugah semangat, sambil menyebut sejumlah nama negara peserta dan ditambah dengan irama yang sekilas mirip ‘sorak-sorak kebangsaan’ penggemar sepak bola Olé  Olé  Olé, membuat lagu ini sangat cocok disetel disela-sela nonton bareng piala dunia. “Kami kuat kami hebat, main sehat tanpa obat, kami kuat kami hebat, ayo semangat!”

Pemenang – Sheila on 7

Sama dengan lagu Ayo Semangat’nya the chancuters, lagu berirama cepat ini juga menjadi bonus mewakili Indonesia untuk album musik Piala Dunia tahun 2006 yang berjudul VOICES – From The FIFA World Cup.

Tema yang diusung Sheila on 7 lewat lagu ini adalah ajakan bagi siapa saja tanpa pandang bulu untuk berjuang bersiap menjadi pemenang di pentas dunia.

Karena tidak menyebut “sepak bola” dalam liriknya, lagu ini cocok juga disetel dalam pertandingan olahraga lain sebagai penyemangat.

Juara Sejati – Dewa 19

Single ini sempat digunakan sebagai lagu tema untuk tayangan Piala Dunia tahun 2002 di salah satu televisi swasta, membuat lagu ini semakin cocok dimainkan di sela-sela nonton bareng atau bahkan dalam pertandingan sepak bola di tanah air sebagai penambah semangat para pemain untuk berjuang meraih kemenangan menjadi juara sejati. Setuju?


Tendangan dari Langit – kotak

Single juga merupakan single soundtrack untuk film berjudul sama yang diputar secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 25 Agustus 2011 lalu.

Film drama olahraga yang diusut oleh sutradara Hanung Bramantyo ini bisa dibilang film paling lengkap dari yang pernah ada. Kepuasan menonton akting, skenario yang kuat, musik yang ciamik, hingga keindahan alam Bromo yang masyur itu terekam dalam film yang memperkenalkan Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan.

Di bulan September, Kementerian pemuda dan olahraga menggelar acara nonton bareng bersama para staf dan jajarannya serta dengan pihak PSSI. Menurutnya, film tersebut bisa menjadi motivasi untuk timnas Indonesia. Film ini mencoba menghadirkan harapan terhadap kesuksesan persepakbolaan Indonesia yang bermimpi bisa merasakan gegap gempitanya Piala Dunia.

Garuda di Dadaku – Netral

Lagu ini merupakan lagu tema dari film berjudul “Garuda Di Dadaku”  di Juni 2009. Filmnya bercerita tentang seorang anak yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola hebat.

Dengan musik menghentak berbasis irama lagu daerah Apuse dari Papua, lagu pemicu semangat yang bernuansa nasionalisme ini sangat cocok diputar dalam pertandingan olahraga semua bidang (tidak hanya sepak bola) melawan tim negara lain. “Garuda di dadaku, garuda kebanggaanku, ku yakin hari ini pasti menang...” 

Band yang digawangi Bagus (vokalis dan bas), Christopher “Coki” Bollemeyer (gitaris), dan Eno Gitara Ryanto (penabuh drum) mengaku kesulitan membuat lirik lagu yang mampu mengobarkan semangat dan mewakili pesan yang ingin disampaikan dalam film yang sama dengan judul soundtrack lagu tersebut, maklum soalnya mereka gak pernah bikin lagu olahraga sebelumnya. Lirik-lirik yang dipilih juga harus mampu mewakili semangat yang terdapat dalam film yang sarat dengan pesan-pesan nasionalisme

Namun, ketika proses aransemen lagu sudah selesai, personel band kagum sendiri dengan hasil kreasi mereka. Zzz narsis—“

Kita Bisa - Yovie and friends

Lagu ciptaan Yovie Widianto, "Kita Bisa" terpilih menjadi Official Song SEA Games XXVI 2011, Jakarta dan Palembang, yang akan berlangsung 11 hingga 25 November mendatang.

Lagu ini dinyanyikan oleh beberapa musisi papan atas Indonesia yang tergabung dalam Yovie and His Friends. Mereka di antaranya adalah Dudi Yovie and Nuno, Dikta, Ello, Judika, Terry, Astrid dan Lala Karmela. "Kita Bisa" sendiri merupakan lagu Official Song, bukanlah lagu Theme Song dari ajang ini.

Official song atau lagu resmi merupakan lagu yang diciptakan untuk membangun semangat. Sedangkan theme song atau lagu tema adalah lagu yang menjadi tema dari suatu acara

Work of heaven – Padi

Di tahun 2002, Padi,menawarkan hits heroiknya, Work of Heaven. Lagu ini dapet kehormatan untuk masuk dalam dafar kompilasi Official Music From World Cup 2002 mewakili musisi Indonesia.

Lagu yang diciptain sama Piyu ini punya kisah lumayan heroik, cerita tentang loser yang akhirnya punya semangat baru untuk ngedapetin kemenangan. Ni lagu jelas jauh dari mendayu. Diiringi sama distorsi gitarnya Piyu dan Ari, juga gebukan drum Yoyo yang kenceng, vokal Fadli emang keliatan lebih gahar. Pas banget buat pestanya bola mania, yang identik sama hal-hal histeria dan teriakan semangat para supporter.

Dalam The Official Album of the 2002 FIFA World Cup, selain Padi. terdapat artis dari 19 negara.

Jadilah juara – Ipang & Ridho

Meskipun lagu ini adalah soundtrack film King (2009) yang berkisah soal perjuangan seorang anak menjadi juara bulu tangkis, namun liriknya sendiri bersifat umum, tidak condong pada satu bidang olahraga tertentu.

Perpaduan musik berirama cepat, raungan gitar Ridho, dan suara khas Ipang membuat lagu ini mampu memacu semangat berbalut nasionalisme. Liriknya memang tergolong tidak gampang diingat seperti Garuda di Dadaku, tapi maknanya lebih mendalam.

Liriknya mengajak orang untuk berjuang tanpa menyerah untuk meraih juara yang menjadi cita-cita bangsa. Seharusnya lagu-lagu semacam ini selalu diputar dalam setiap latihan maupun pertandingan olahraga di dalam negeri.

Indonesia Juara – D’bandhits

Single “Indonesia Juara” dipilih sebagai single perdana dari band yang terbilang baru di belantika musik Indonesia. Tapi sebenernya, personil d'bandhits bukanlah orang baru dalam dunia hiburan. Seperti Pupun yang sebelumnya bergabung dengan Kapten dan punya prestasi sebagai gitaris yang menggunakan 7 senardan di-endorse oleh Rockwell. Juga Dita yang telah malang melintang memainkan perkusi dan kini tampil sebagai drummer cewek yang menggunakan double pedal. Adapun Aa Thea juga telah memproduseri sejumlah band indie asal Bandung. Dan terakhir sang vocalis, emang udah dikenal sebagai presenter olahraga.

Kecintaan yang besar Darius pada olahraga membuat lagu ini terasa jujur dan kontekstual.  Lagu ini terdengar megah dan membakar semangat kita untuk selalu optimis bahwa Indonesia kembali bias berprestasi.

Nama d'bandhits! berasal dari dua suku kata : band dan hits. Niatnya adalah agar karya-karya mereka bias diterima public dengan baik. Dan d'bandhits! sudah punya sejumlah rencana. Selain mempersiapkan debut album, band ini juga mematok target tinggi yaitu berkiprah di kancah internasional.

Ayo! Indonesia Bisa – Ello & Sherina

Musisi Marcello Tahitoe alias Ello menyumbangkan lagu ciptaannya, Ayo! Indonesia Bisa, yang dia nyanyikan bersama Sherina Munaf sebagai dukungan terhadap pesta olahraga SEA Games XXVI yang berlangsung 11-22 November 2011 di Jakarta dan Palembang.

Menurut Sherina, ketika diminta berduet dengan Ello untuk menyanyikan Ayo! Indonesia Bisa dia merinding karena lagu itu disebut akan menjadi theme song pesta olahraga antarnegara.

Usaha Ello tak sia-sia karena lagunya itu kini menjadi theme song untuk TVC (TV commercial) bertemakan "Bangkit Bersatulah Kibarkan Merah Putih di SEA Games"

No comments:

Post a Comment